PROGRAM STUDI DIII ANAFARMA

FAKULTAS FARMASI USU

   

 TENTANG USU          PENERIMAAN MAHASISWA BARU          TRACER STUDY          PERTOR          TENTANG FAKULTAS FARMASI        

International Summer Course of Pharmacy 2022

HUMAS FARMASI USU - Fakultas Farmasi USU melaksanakan International Summer Course of Pharmacy (ISCP) 2022 secara hybrid pada 1-11 Agustus 2022. Kegiatan ISCP dibuka oleh Dr. Rudy Sofyan SS., M.Hum., dan sambutan oleh dekan Fakultas Farmasi, Khairunnisa, S.Si., M.Pharm., Ph.D., Apt.

ISCP merupakan sebuah program yang mengakomodir keterlibatan mahasiswa dan dosen internasional ke Fakultas Farmasi Program Studi Sarjana Farmasi sebagai upaya keselarasan antara visi program studi dengan visi fakultas, yaitu “Unggul dan bertaraf Internasional”.

Tema yang diangkat pada kegiatan ISCP 2022 ini yaitu Herbal medicine: Technology and Innovation. Dengan tujuan untuk memperkenalkan bidang keunggulan program studi, mendukung program internasionalisasi USU, memperkenalkan daerah lokal yang berpotensi sebagai tempat tumbuhnya tanaman obat, memperkenalkan budaya Indonesia kepada Internasional, serta sebagai bentuk implementasi dari kerjasama antara Fakultas dengan institusi ataupun lembaga lainnya.

Sejumlah 314 mahasiswa yang teregistrasi sebagai peserta ISCP ini, diantaranya terdiri dari 285 orang peserta dalam negeri dan 29 orang peserta luar negeri (Malaysia, Filipina, Srilanka, India, Turki).

Rangkaian kegiatan ISCP terdiri atas 6 kuliah, 2 workshop, field trip, serta medan city tour. Dimana kegiatan kuliah disampaikan oleh para narasumber baik dalam maupun luar negeri, yaitu Roza Dianita (Universiti Sains Malaysia), Ratna Saptarina (PT. Kimia Farma Tbk), Juriyati Jalil (Universiti Kebangsaan Malaysia), Gunawan Indrayanto (Universitas Surabaya), Riyanto Teguh Widodo (Universiti Malaya), serta Imam Bagus Sumantri (Universitas Sumatera Utara). Sedangkan workshop yang berlangsung difasilitasi oleh dosen Farmasi Universitas Sumatera Utara yaitu workshop terkait Ekstraksi dari tanaman obat dengan fasilitator Imam Bagus Sumantri, Sony Eka Nugraha, M. Fauzan Lubis, dan workshop Kosmetik berbahan alam berupa krim anti aging dan body scrub dengan fasilitator Julia Reveny, Anayanti Arianto, T. Ismanelly Hanum, Nazliniwaty, Sumaiyah, Dwi Lestari.

Fieldtrip diikuti oleh peserta offline berupa observasi hutan tropis Sibual buali yang berada di Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan sekaligus mengeksplor tanaman obat Sumatera Utara. Para peserta melakukan tracking sembari belajar mengenai tanaman disekitarnya. Tidak hanya mengeksplor Sibual Buali, trip dilanjutkan juga ke Desa Tipang, Desa Marbuntoruan, serta Danau Toba.

Fieldtrip yang dijalani oleh para peserta tidak hanya menjadi perjalanan eksplor budaya dan alam saja, tetapi juga memberikan tugas bagi para pesertanuntuk mengangkat 1 tanaman yang dijumpai saat trip sebagai bahan presentasi.

Penyampaian presentasi peserta akan dinilai dan akan dihadiahkan bagi 3 presenter terbaik. Selain itu juga terdapat kategori lain yaitu skor post test tertinggi dan keaktifan peserta.

Sebelumnya post test selalu diadakan setiap setelah kuliah dan workshop, poin-poin post test tersebut yang menjadi dasar perhitungan nilai untuk kategori skor tertinggi ini.

Kategori skor tertinggi:
Siti Raissa Rasyid (USU-Indonesia)

‘Presenter’ terbaik:
Madeline Hana Tasya Siburian (USU-Indonesia)
Ezra Mirael (USU-Indonesia)
Maria Katrina (AUP-Filipina)

Peserta teraktif:
Devindi Rodrigo (Colombo-Srilanka)
Maria Katrina (AUP-Filipina)

Penutupan dilakukan oleh ketua panitia, Dr. Sumaiyah S.Si., M.Si., Apt. Kegiatan ISCP 2022 tercatat berlangsung secara hybrid dengan total sekitar 56 jam dan transfer kredit 2 SKS. Kegiatan ISCP hari terakhir diisi dengan agenda medan city tour, dengan tujuan Istana Maimun, Mesjid Raya, Museum, dan rumah Tjong Afie.

Super User